Kasus Covid Bertambah, 6 Kabupaten/Kota di Lampung Diberlakukan PPKM Level 2



Bandar Lampung (LU) - Pemerintah kembali menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 di enam kabupaten kota di Lampung.


Selain itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung melalui surat edaran Nomor : 800 / 328 /V.01/DP.2/2022 juga telah mengeluarkan instruksi agar sekolah menengah atas menghentikan sementara aktivitas pembelajaran tatap muka (PTM).


Sedangkan keenam kabupaten/kota di Lampung yang dikenakan pembatasan PPKM Level 2 meliputi: Metro, Lamteng, Lampung Utara, Tanggamus, Lamtim dan Way Kanan.


Selanjutnya, daerah lain yang ada di Lampung yang masuk dalam PPKM Level 1 meliputi: Kabupaten Lampung Selatan,Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kota Bandar Lampung.


Akan halnya Kota Bandar Lampung, meski tidak tercantum dalam wilayah yang masuk dalam kategori PPKM Level 2, namun Dinas Pendidikan Lampung menghentikan sementara pembelajaran tatap muka menyusul adanya indikasi merebaknya Covid-19 dari klaster pendidikan khususnya SMA, SMK dan sekolah luar biasa (SLB).


Seperti diketahui, angka kasus Covid-19 di sejumlah wilayah di Lampung kembali melonjak sejak beberapa pekan terakhir, dan berdasarkan data terakhir menyebutkan jumlah positif Covid-19 di Lampung sudah mencapai angka 112 penderita.


Jumlah penderita Covid-19 ini bahkan berada diurutan tertinggi ketiga setelah Sumatera Utara dengan 198 kasus, Sumatera Selatan dengan 112 kasus.


Surat Edaran Kadis Pendidikan Lampung


Sementara itu dalam surat edaran yang ditandatangani Kadis Pendidikan Lampung, Sulfakar menyebutkan tentang penghentian sementara aktivitas pembelajaran tata muka terbatas khususnya pada sekolah menengah atas di Kota Bandar Lampung.


Penghentian PTM ini menyusul merebaknya kasus Covid-19 di lingkungan pendidikan pada SMA, SMK serta sekolah luar biasa di Kota Bandar Lampung.


"Sebagai upaya penanggulangan dan pencegahannya, maka dilakukan pembelajaran tatap muka yang bersifat terbatas," kata Sulfakar seperti yang tercantum dalam surat edaran itu.


Pemberlakuan PTM terbatas ini pula efektif berlaku mulai dari tanggal 4 Februari hingga tanggal 17 Februari 2022.


Kian bertambahnya angka kasus Covid-19 di Lampung juga membuat sejumlah warga merasa was-was dan kembali membatasi aktivitas dan kegiatan di luar rumahnya.


Terlebih lagi, dengan munculnya varian baru Covid-19 yakni; varian Omicron yang beberapa waktu lalu diketahui sempat teridentifikasi di Lampung dengan 1 pasien yang dinyatakan probable omicron namun sudah dinyatakan membaik oleh Dinas Kesehatan Lampung. 


Sementara itu, berdasarkan pantauan Lampung Update di sejumlah daerah yang diberlakukan PPKM Level 2 masih menunjukkan aktivitas biasa, di Kota Metro misalnya, aktivitas di sejumlah pasar juga masih terlihat ramai. (LU-09)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama