Pertengahan 2022, Semua Plat Nomor Kendaraan Diganti Warna Putih

 

Perubahan warna plat kendaraan yang mulai diberlakukan pertengahan tahun 2022. foto: Kompas


Jakarta (LU) - Korlantas Mabes Polri sudah menyiapkan warna plat baru untuk seluruh kendaraan yang beredar di Indonesia.


Jika selama ini, plat nomor kendaraan atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) memiliki warna dasar hitam, maka mulai pertengahan tahun ini, warna plat akan diganti menjadi warna putih.


Aturan tentang perubahan warna plat kendaraan ini mengacu pada peraturan terbaru yakni Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang dikeluarkan untuk merevisi atau menggantikan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang registrasi kendaraan dan identifikasi kendaraan bermotor.


Menurut Kasubdit STNK Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Taslim Chairudin menjelaskan bahwa perubahan warna plat ini rencananya akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2022 ini.


Saat ini pun, lanjut Kombes Taslim lagi, pihaknya tengah menunggu realisasi dari pengadaan material yang mengikuti proses aturan pengadaan barang dan jasa yang sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pemerintah.


"Lagi menunggu pengadaan materialnya dulu. Mudah-mudahan pada pertengahan tahun 2022 sudah bisa terealisasi (perubahan plat, red)," terang Kombes Taslim lagi.


Tujuan Penggantian Warna Plat


Tujuan dari penggantian warna plat nomor kendaraan ini menjadi bagian dari tak terpisahkan dari program tilang elektronik atau ETLE.


Tilang elektronik ini pula sudah mulai diberlakukan di sejumlah kota besar di Indonesia termasuk di Lampung.


Namun karena warna plat kendaraan yang berwarna hitam membuat kamera tilang elektronik mengalami kendala dalam hal mengenali dan mengidentifikasiplat nomor kendaraan yang melakukan pelanggaran.


Hal ini berbeda jika warna dasar plat kendaraan berwarna putih maka kamera pengawas yang dipasang di tiap perlintasan maupun lampu merah akan dengan cepat mengidentifikasi plat nomor kendaraan.


Bakal Dilengkapi Chip 


Selain penggantian warna dasar plat kendaraan, pada plat terbaru ini juga nantinya akan dilengkapi chip yang memiliki sistem radio frequency identification (RFID).


Dengan chip ini, kendaraan akan dengan mudah diidentifikasi karena terintegrasi langsung dengan sistem komputer yang canggih.


Namun untuk sementara, Korlantas Mabes Polri belum akan menerapkan chip RFID tersebut dalam waktu dekat, menurut Kombes Taslim, teknologi yang terlebih dahulu akan diterapkan bersamaan dengan penggantian warna plat menjadi putih itu adalah ANPR atau automatic number plat registration yang saling terhubung dengan kamera tilang elektronik.


Penggantian Warna Plat Dilakukan Secara Bertahap


Meski demikian, Kombes Taslim juga menjelaskan proses penggantian warna plat ini akan dilakukan secara bertahap atau tidak serentak, bahkan penggantian plat warna baru akan diberlakukan untuk kendaraan baru sehingga tak harus menunggu masa berlaku plat warna hitam habis masanya.


Selain itu, penggantian warna plat juga dilakukan pada kendaraan yang akan melakukan perpanjangan STNK dan mengganti plat baru. Serta, kendaraan yang hendak mengajukan proses pergantian nama (balik nama, red). (LU-09)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama