Pasar Baru Kedondong Bakal Disulap Jadi Mall Lengkap dengan Bioskop dan Wahana Hiburan

Salah satu sudut Pasar Baru Kedondong

 

Kedondong (LU) - Pasar Baru Kedondong yang selama ini menjadi salah satu ikon Kecamatan Kedondong bakal disulap menjadi mall yang dilengkapi dengan bioskop hingga berbagai wahan hiburan.


Bahkan rencana pembangunan mall Pasar Baru ini akan segera dimulai tahun 2022 ini, dengan konstruksi bangunan setinggi tiga lantai yang refresentatif, mewah dan tentu saja bersih.


Kadis Perindag Pesawaran, Sam Herman kepada wartawan mengatakan realisasi pembangunan Pasar Baru ini akan akan segera dimulai tahun ini.


"Tahun ini dibangun oleh investor. Perjanjian kerjasama atau MoU antara Pemkab Pesawaran dengan investor juga sudah ada," terang Sam Herman.


Lebih jauh, Sam Herman juga menjelaskan rencananya untuk melakukan pembangunan Pasar Baru ini akan dianggarkan dana hingga sebesar Rp. 30 miliar.


Sedangkan pembagian pedagang yang akan berjualan di Pasar Baru itu nantinya adalah sebagai berikut; Lantai 1 diperuntukkan bagi pedagang ikan, buah-buah serta sayuran atau yang masuk dalam kategori pedagang basah.


Selanjutnya, di lantai dua ditujukan untuk jenis pedagang yang bersifat kering seperti pakaian, kelontong dan yang lainnya.


Khusus di lantai tiga, ditujukan untuk sarana hiburan seperti bioskop, wahana hiburan dan permainan anak yang refresentatif.


Sejauh ini bahkan, lanjut Sam Herman, proses realisasi pembangunan Pasar Baru itu sedang dalam sosialisasi kepada DPRD Pesawaran maupun masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Kedondong.


Teknis penyewaan los dan toko di pasar itu juga nanti akan dilakukan melalui sistem pembayaran dengan mencicil setiap hari.


Sedangkan proses relokasi para pedagang yang ada saat ini, akan dilakukan sebelum bulan puasa tahun ini yang akan ditempatkan di lapangan Kantor Kecamatan Kedondong.


Bakal Berubah


Rencana pembangunan Pasar Baru dengan mengubahnya secara total hingga membentuk bangunan vertikal dengan tiga lantai yang sangat refresentatif ini juga mendapat sambutan positif dari masyarakat.


Pasalnya, selama ini pasar Baru Kedondong tersebut identik dengan kemacetan dan penuh dengan genangan air serta tumpukan sampah dibeberapa lokasinya.


Padahal pasar Baru Kedondong menjadi salah satu ikon sejarah sekaligus pusat aktivitas masyarakat tak hanya yang berasal dari Kedondong saja tapi juga dari daerah lain. 


Bisa dikatakan Pasar Baru ini menjadi simbol yang selalu mengiringi sejarah perkembangan khususnya di wilayah Kecamatan Kedondong dan sudah menjadi legenda tersendiri bagi masyarakat karena pasar ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu. (LU-09)

2 Komentar

  1. Kangen pasar itu dulu tiga tahun sekolah di blkang pasar itu, di YPPMA tahun 1999, mntap rencana smoga terwujud sukses selalu

    BalasHapus
  2. Kangen soto yg ada di pasar kedondong euy..inget waktu skolah dlu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama